Warga Surabaya Antusias Saksikan Parade Budaya dan Bunga 2012

Surabaya (KN) - Warga Surabaya mendapat suguhan menarik pada Minggu (6/5) kemarin, yakni berupa Parade Budaya dan Bunga 2012. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-719. Animo masyarakat untuk menyaksikan event tahunan ini cukup tinggi. Bahkan, berdasarkan pantauan di lapangan, sejak pukul 12.30 WIB warga sudah mulai memadati area start di Tugu Pahlawan serta jalan-jalan yang menjadi rute parade hingga lokasi finish di Taman Surya. Padahal para peserta parade baru dilepas Walikota Surabaya Tri Rismaharini pukul 14.00 WIB.

Apalagi cuaca di Surabaya yang relatif medung saat itu semakin membuat warga Kota Pahlawan tak ragu berduyun-duyun datang guna melihat secara langsung puluhan mobil hias dan atraksi yang disuguhkan peserta.

“Saya sengaja datang mengajak keluarga karena ini moment yang tidak terlalu sering kita jumpai di sini. Sekalian itung-itung sebagai sarana rekreasi bareng anak-anak,” tutur Asikin (43) salah seorang warga yang menonton parade di Taman Surya.

Menurutnya, yang menjadi daya tarik Parade Budaya dan Bunga 2012 adalah desain mobil hias yang unik dan menarik. Masing-masing peserta memiliki konsep sendiri ditambah sejumlah atraksi yang mengiringinya semakin menambah nilai plus dari mobil itu. “Desainnya bagus-bagus, saya berharap event seperti ini lebih ditingkatkan lagi baik secara kualitas maupun jumlahnya,” kata ayah dua anak ini.

Dengan mengambil tema “Semarak Surabaya dalam Keragaman Budaya”, Parade Budaya dan Bunga kali ini diikuti oleh 70 peserta, dengan rincian 40 diantaranya berupa mobil hias sedang sisanya marching band, tari-tarian daerah, fashion show, serta atraksi budaya. Peserta yang terlibat datang dari perguruan tinggi, sekolah, perusahaan, dan sejumlah instansi lainnya. Tak ketinggalan komunitas masyarakat Maluku, Papua, Arab, Padang, Tapanuli, Kawanua, dan Tiong Hoa. Selain itu, sejumlah daerah di luar Surabaya juga turut berpartisipasi antara lain Pasuruan, Kota Waingin Timur, Sampang, Pamekasan, Bandung, Jember, dan Tulungagung.

Sekretaris panitia HJKS 2012 Yayuk Eko Agustin mengatakan, Parade Budaya dan Bunga merupakan agenda tahunan Kota Surabaya yang dihelat untuk memperingati HJKS. Event ini merupakan salah satu ikon wisata yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Surabaya. “Dari tahun ke tahun, Kami selalu berupaya menyelenggarakan event yang terbaik bagi Kota Surabaya. Sebab, itu dapat menarik wisatawan untuk datang ke sini,” ungkapnya.

Yayuk menambahkan, rangkaian kegiatan HJKS tak hanya parade ini saja. Masih banyak kegiatan-kegiatan lain selama sebulan ini yang pastinya tak kalah seru, misalnya Festival Rujak Uleg, Surabaya Shoping Festival (SSF), Urban Culture Festival dan masih banyak lagi. (anto)

Tags: , ,

Artikel Terkait

Bagikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*