Hasil Unas SD di Surabaya Jeblok, Dewan Pertanyakan Kinerja Guru dan Kadindik Surabaya

Surabaya (KN) - Prestasi pendidikan di Surabaya kembali dipertanyakan kalangan dewan. Dalam beberapa tahun terakhir, hasil ujian nasional (UN) 2012 mulai tingkat SD, SMP hingga SMA ternyata kalah dengan beberapa daerah lain di Jawa Timur. Terakhir dari hasil Unas tingkat SD yang dirilis Dinas pendidikan Jawa Timur, dalam sepuluh besar nilai total unas tertinggi tidak tercantum kota Surabaya.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya,  Baktiono mengatakan, wajar pihaknya menuntut prestasi pendidikan lebih baik.Pasalnya, selama ini dengan anggaran pendidikan sekitar 35 persen dari total APBD Surabaya yang mencapai 5,1 triliun, semua kebutuhan  pendidikan telah dipenuhi. Mulai dari SPP gratis, tunjangan sertrifikasi guru, kenaikan gaji guru tidak tetap hingga perlengkapan sekolah untuk siswa miskin yang ditanggung Pemerintah Kota Surabaya, bahkan penerimaan peserta didik baru yang pertama on line se-Indonesia.

” Kita malu sebagai warga kota terus menerus tidak punya prestasi. Di bidang pendidikan anggaran lebih, penerimaan peserta didik baru dengan sistem on line yang pertama, RSBI dengan tes, tapi ternyata tidak bisa mengangkat prestasi pendidikan kalah dengan Kabupaten/Kota lainnya” ujar politisi PDIP ini.

Baktiono menegaskan, pihaknya akan mengevaluasi pola pengajaran dan pendidikan tingkat SD hingga SMA. SElain itu Komisi D akan memanggil Dinas Pendidikan untuk mengetahui kendala dalam mencapai prestasi.”Harusnya, karena mengatur keuangan yang luar biasa, Dinas Pendidikan konsentrasi penuh untuk mewujudkan pendidikan bagus, jujur dan prestasi baik”. Tegasnya.

Dari hasil unas tingkat SD yang dirilis dinas pendidikan Jawa Timur, beberapa daerah peraih total nilai unas tertinggi secara berurutan diantaranya,  Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, Kabupeten Mojokerto, Kabupaten lamongan dan Kabupaten nganjuk. Sementara Surabaya terpinggirkan.

Ironisnya, tidak ada satu pun sekolahan tingkat SD di Surabaya yang mencatat prestasi total nilai tertinggi UN SD tahun 2011/2012 tingkat Kabupaten dan Kota, hanya 2 siswa SD di Surabaya yang mampu menempati peringkat 6. (nug)

Tags: , , , ,

Artikel Terkait

Bagikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*